Blogger Widgets

January 31, 2012

Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT Dalam Microsoft Excel

Print Friendly and PDFPrintPrint Friendly and PDFPDF
Image and video hosting by TinyPic

Dalam Microsoft Excel terdapat Fungsi yang sering digunakan antara lain :
  1. SUM              : digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
  2. AVERAGE    : digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range
  3. MAX             : digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
  4. MIN              : digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range
  5. COUNT        : digunakan untuk mencara banyaknya data dari satu range
perhatikan contoh penggunaan fungsi-fungsi diatas :




Cara pengerjaan :
  • Jumlah Nilai pada cell F6 adalah “=Sum(C6:E6)” atau “+C6+D6+E6”
  • Total Nilai Kelas pada cell C16 adalah “=Sum(C6:C15)”
  • Rata-rata Nilai Kelas pada cell C17 adalah “=Average(C6:C15)”
  • Nilai Terendah pada cell C18 adalah “=Min(C6:C15)”
  • Nilai Terbesar pada cell C19 adalah “=Max(C6:C15)”
  • Jumlah Data pada cell C20 adalah “=Count(C6:C15)”
Untuk nilai TAS dan nilai Praktikum, dapat dilakukan penggandaan rumus formula / melakukan copy rumus hanya dengan menggerakkan kursor ┼ pada sebelah kanan bawah cell yang akan di-copy lalu ke daerah yang masih belum ada rumus formulanya.

People who read this post also read :



No comments: